Negara dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Negara dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Negara dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Negara dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia – Pemerintah memegang peranan penting dalam perkembangan sebuah negara. Pemerintahan yang baik akan mampu membuat penduduk negaranya makin sejahtera. Sebaliknya, pemerintahan yang buruk dapat memberi dampak negatif pada sebuah negara.

Sistem pemerintahan mempunyai sistem dan tujuan untuk menjaga suatu kestabilan negara itu. Namun di beberapa negara sering terjadi tindakan separatisme karena sistem pemerintahan yang dianggap memberatkan rakyat ataupun merugikan rakyat. Sistem pemerintahan mempunyai fondasi yang kuat di mana tidak bisa diubah dan menjadi statis. Jika suatu pemerintahan mempunya sistem pemerintahan yang statis, absolut maka hal itu akan berlangsung selama-lamanya hingga adanya desakan kaum minoritas untuk memprotes hal tersebut.

Secara luas berarti sistem pemerintahan itu menjaga kestabilan masyarakat, menjaga tingkah laku kaum mayoritas maupun minoritas, menjaga fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang kontinu dan demokrasi di mana seharusnya masyarakat bisa ikut turut andil dalam pembangunan sistem pemerintahan tersebut. Hingga saat ini hanya sedikit negara yang bisa mempraktikkan sistem pemerintahan itu secara menyeluruh.

Secara sempit, sistem pemerintahan hanya sebagai sarana kelompok untuk menjalankan roda pemerintahan guna menjaga kestabilan negara dalam waktu relatif lama dan mencegah adanya perilaku reaksioner maupun radikal dari rakyatnya itu sendiri.

Laporan Global Prosperity Index yang dikeluarkan oleh lembaga riset Legatum Institute melansir beberapa negara yang memiliki pemerintahan terbaik.

Kami rangkumkan beberapa negara yang Register 918Kiss memiliki pemerintahan terbaik  ini :

6. Swiss

Negara republik federal ini memiliki kualitas pendidikan yang baik. Namun bukan hanya itu, Swiss juga terkenal dengan sistem pemerintahan yang baik. Parlemen Swiss terdiri dari 246 anggota yang keseluruhannya dipilih oleh rakyat.

5. Swedia

Swedia turun satu peringkat dalam kualitas pemerintahannya. Walau begitu, negara ini masih dinilai memiliki sistem pemerintahan terbaik di dunia.

Belanda

4. Belanda

Parlemen Belanda merupakan markas dari 150 organisasi internasional. Salah satu organisasi internasional yang bermarkas di sini adalah International Criminal Court.

3. Norwegia

Negara Skandinavia satu ini mampu duduk di peringkat tertinggi dibanding indeks penilaian lainnya. Gedung parlemen Norwegia diberi nama The Stortinget atau berarti Dewan Agung.

Selandia Baru

2. Selandia Baru

Selandia Baru menempati peringkat kedua dalam hal kualitas pemerintahan selama dua tahun berturut-turut. Negara ini juga mampu mencetak nilai yang baik pada indeks penilaian pasar, kebebasan berpendapat hingga hubungan masyarakat.

1. Finlandia

Peringkat pertama ditempati oleh Finlanida. Negara ini mampu naik empat peringkat dari tahun lalu. Perdana Menteri Finlandia bernama Juha Sipila.

Comments are closed.