Menguak Kemagisan Sumpah Pocong yang Dipercaya Masih Ampuh Kekuatannya

Menguak Kemagisan Sumpah Pocong yang Dipercaya Masih Ampuh Kekuatannya 

Seram!  Yuk Kenalan dengan 5 Hantu Legendaris Film Indonesia ...

Menguak Kemagisan Sumpah Pocong yang Dipercaya Masih Ampuh kekuatannya sumpah pocong mungkin pernah kamu dengar ya? Syarat ini digunakan untuk menamai ritual sumpah atau pengakuan di mana disambut sangat kuat dan nggak-main. Saat seseorang melakukan sumpah pocong, maka ia harus siap dengan harapan besar. Hanya mencoba celaka jika bohong, tetapi juga hal-hal yang lainnya. 

Istilah sumpah pocong dipakai dalam prosesinya memang menggunakan atribut si mayit bungkus itu. Mulai dari kain kafan hingga seharusnya juga dimandikan layak layaknya sungguhan. Sumpah pocong sendiri sampai hari ini digunakan Meskipun tidak sering. Pasalnya, sumpah ini hanya akan terjadi jika muncul masalah yang nggak bisa diaktifkan dengan cara biasa. 

Lebih lanjut tentang soal sumpah pocong, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang prosesi yang harus diberikan orang yang mengerti itu. 

Sejarah Sumpah Pocong 

Sumpah pocong hanya dilakukan oleh para Muslim. Meskipun begitu, nggak ada aturan di dalam Islam soal sumpah pocong ini. Jika berbicara alasan harus pocong, mungkin karena pocong identik dengan kematian. Ini salah satu yang terbaik di mana saja.

Tata Cara Sumpah Pocong dalam Tradisi

Hal yang penting dalam sumpah pocong itu kurang lebih ada tiga. Pertama adalah kain kafannya, kemudian saksi, dan yang terakhir adalah sumpahnya. Jadi, kompilasi ada orang yang mau melakukan sumpah pocong ini, maka ia akan segera dibawa seperti mayit. Mulai dari dimandikan, hingga akhirnya dibalut dengan kain kafan. 

Setelah itu, kemudian ia akan dibaringkan di masjid lalu sambil dibimbing seorang tokoh yang membantah sumpah akan membantah apa yang perlu dipertanyakan. Nggak hanya sumpah saja, tetapi juga deretan risiko yang akan ditanggungnya jika dipertanyakan, entah mati, sakit parah, miskin tujuh turunan, dan sebagainya. Dalam prosesi ini harus ada yang menyaksikan sehingga bisa dianggap sah.

Dampak Ngeri Sumpah Pocong

Nggak cuma prosesinya, hal yang menarik soal sumpah pocong ini juga adalah kengerian akibatnya. Katanya, barang siapa yang memenangkan ritual sumpah pocong itu, maka ia akan langsung mengalihkan azab dari apa yang diucapkannya. Misalnya dalam sumpah ia mengatakan mati bila diambil, maka hal ini akan benar-benar terjadi jika memang dusta. Entah saat itu juga atau beberapa waktu kemudian.

Banyak yang percaya jika sumpah pocong ini risikonya besar. Makanya, hanya orangutan yang benar-benar berani, hanya yang mau dilakukan. Soal kekuatan kutukan dari sumpah pocong, hal ini mungkin karena sumpah ini nggak hanya ditujukan kepada masyarakat, tetapi juga Tuhan. Bersumpah atas nama Tuhan memang sangat berat risikonya, dan sungguh bisa celaka bagi mereka yang berdusta dengan itu.

Sayang, sekarang sumpah pocong sepertinya sudah nggak begitu sakral lagi. Orang-orang sekarang dengan gampangnya melakukan sumpah ngeri ini untuk hal yang sebenarnya sangat bisa diselesaikan dengan cara biasa. Apa saja yang paling sulit dilakukan sumpah pocong demi mendapatkan apa yang diinginkan.