Membuat Ruang Kehidupan Sosial Sendiri Bagi Sang Introvert

Membuat Ruang Kehidupan Sosial Sendiri Bagi Sang Introvert

Membuat Ruang Kehidupan Sosial Sendiri Bagi Sang Introvert – Orang yang memiliki kepribadian introvert selama ini digambarkan selalu lebih pemalu dan pendiam, jika dibandingkan dengan orang berkepribadian extrovert. Padahal, hal tersebut belum tentu tepat. Baik seorang introvert maupun extrovert tidak ada yang benar-benar 100% memiliki salah satu kepribadian tersebut.

Bahkan, beberapa orang ada yang teridentifikasi diantaranya keduanya, yaitu menjadi introvert maupun ekstrovert tergantung pada situasinya, sehingga masuk ke dalam kepribadian ambivert. Bagi yang introvert, kamu tentu memerlukan ruang untuk diri sendiri guna mengisi ulang energi agar tidak lelah saat bertemu dengan banyak orang. Kamu bisa menentukan batasan agar bisa membuat ruang antara dirimu dengan orang lain.

Saat kamu meminta ruang untuk dirimu, orang lain mungkin akan merasa tidak nyaman dan canggung. Kamu bisa mengomunikasikan agar orang di sekitarmu mengerti bahwa kamu membutuhkan Club388 Indonesia ruang untuk sendiri. Kamu bisa mengikuti cara membuat ruang sendiri bagi introvert di tengah kehidupan sosial. Dengan tips ini, kamu pun bisa mulai menetapkan batasan diri agar mempunyai kesempatan untuk mengisi energi.

1. Pahami terlebih dulu kalau membuat ruang sendiri bukanlah penghalang di tengah kehidupan bermasyarakatmu
5 Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Janganlah memandang bahwa menetapkan ruang sendiri berarti mempunyai halangan untuk bersosialisasi dengan orang lain! Sejatinya, kamu bisa memprioritaskan kesendirian agar tak kelelahan secara fisik dan mental, tanpa kehilangan kehidupan sosial.

Batasan dirimu bukanlah penghalang, melainkan ruang untuk membuatmu berkembang untuk lebih baik. Kamu bisa menentukan batasan diri untuk menolak ajakan bertemu demi memulihkan diri terlebih dulu.

2. Menentukan apa yang paling membuatmu lelah
5 Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Kamu harus menentukan kegiatan apa yang paling membuatmu lelah. Sekalipun sudah mempunyai batasan diri, kamu tetap bisa merasa kelelahan.

Setelah kamu tahu apa yang membuatmu lelah, kamu bisa mengurangi intensitas kegiatan tersebut atau menyimpan energi dahulu sebelum melakukan kegiatan tersebut.

3. Semakin cepat kamu menentukan ruang sendirimu, akan lebih baik
5 Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Kamu bisa mengomunikasikan ini pada teman dan keluarga kalau kamu butuh ruang untuk sendiri. Kamu bisa lebih segar setelah adanya batas yang kamu tetapkan untuk dirimu sendiri itu.

Setelahnya, kamu harus menjaga batasan ruang sendirimu itu untuk jadi prioritas sehingga tidak kewalahan mengatur energi di lain waktu. Demi tetap waras, nih!

4. Buatlah batasan yang jelas dan spesifik!
5 Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Ada orang yang menghargaimu ketika membutuhkan ruang untuk sendiri. Cara paling mudah untuk membuat orang mengerti tentang batasanmu adalah dengan membuat aturannya secara lebih spesifik dan jelas.

Kamu bisa meminta dua jam tanpa diganggu atau dipanggil untuk menghabiskan waktu sendiri saja. Dijamin otakmu segar setelahnya.

5. Belajar untuk mengatakan “tidak”
5 Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Kamu harus bisa menolak hal yang membuatmu kelelahan. Saat kamu selalu mengatakan “ya” ke orang lain, seterusnya sulit untukmu berani mengatakan tidak.

Mengatakan “tidak” adalah cara untuk menegaskan batasanmu sehingga orang memahami bahwa kamu butuh waktu sendiri. Latihlah ini dari sekarang!

Itu dia cara membuat ruang sendiri bagi introvert di tengah kehidupan sosial. Kamu harus membuat ruang ini sehingga bisa menghadapi waktu yang lebih penting dan lebih banyak lagi bersama orang lain di masa depan.